Selasa, 01 November 2011

Nutrien

Nutrien atau hara adalah unsur atau senyawa kimia yang digunakan untuk metabolisme atau fisiologi organisme. Nutrien biasanya dikategorikan menjadi nutrien yang menyediakan energi dan yang digunakan sebagai komponen untuk tubuh atau struktur sel. Suatu nutrien disebut esensial bagi organisme jika zat tersebut tidak dapat disintesis oleh organisme dan harus dipenuhi dari sumber makanan.

Nutrisi adalah jumlah proses total semua interaksi antara organisme dan makanan yang di komsumsi serta penggunaan zat makanan (Christian &Greger1985,P:4)sedanngkan Nutrien adalah,...Nutrien adalah substansi zat kimia baik organik dan anorganik yang terdapat pada makanan yang di cerna dan diabsorbsi dalam gastro internal Tract (GIT) dan kemudian di butuhkan dalam proses metabolisme tubuh untuk menjalankan fungsi tubuh.

1.Fungsi utama zat gizi

a. menyediakan energi untuk proses dan pergerakan tubuh.

b. Memperbaiki /mengganti /memelihara bagian jaringan sel-sel dalam tubuh yang rusak atau tua

3. Sebagai pelindung dan pengatur suhu tubuh

2.Elemen nutrien atau zat giji terdiri atas :

a.Karbohidrat
adalah nutrient yang terdiri atas molekul karbon, hidrogen dan oksigen.karbohidrat memiliki dua bentuk dasar yaitu gula dan zat pati.karbohidrat juga berfungsi sebagai : sumber energi utama, bahan pembentukan struktur sel dan menghindari pemecahan lemak.

b.Protein
zat organik yang apabila di hidrolisis akan dicerna, protein berfungsi pertumbuhan, mempertahankan dan mengganti jaringan tubuh. Setiap 1 gram protein menghasilkan 4 kkal. Bentuk sederhana dari protein adalah asam amino. Asam amino disimpan dalam jaringan berbentuk hormon dan enzim. Asam amino esensial tidak dapat disintesis dalam tubuh tetapi harus didapat dari makanan.

c.Lemak
adalah kelompok-kelompok substansi organik yang tidak larut dalam air tapi larut dalam alkohol dan ethe. Substansi organik tersebut juga disebut lipid.fungsi lemak : sebagai cadangan makanan, pengaturan suhu, pelarut vitamin, membentuk surpaktan membentuk prostalglandin dll.

d.Vitamin
merupakan komposisi organik yang tidak dapat dibuat dalam tubuh dan diperlukan dalam jumlah yang sedikit untuk proses metabolisme, sehingga jika kekurangan vitamin akan mengakibatkan gangguan metabolisme. Vitamin tidak memiliki nilai kalori, tapi banyak berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme.

e.Mineral
mineral berperan juga sebagai mikro nutrient, ia hanya berjumlah 4-5 % dari berat badan, mineral berfungsi untuk

1. Sebagai katalisator beberapa reaksi biologis seperti respon otot dan transmisi imfuls

syaraf

2. Mempertahankan keseimbangan cairan

3. Mempertahankan kesehatan mental dan fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar